Gaya Belajar Milenial

Gaya Belajar Milenial

             Pembelajaran sekarang banyak menggunakan media pembelajaran yang menggunan berbasis Android atau menggunakan Hp. Guru di tuntut untuk mengajarkan berbagai media pembelajaran ke pada siswa dengan menggunakan Hp. Guru sekarang harus menguasai IT (Informasi Teknologi) dan menggunakan alat sebagai penunjang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

             Generasi sekarang tidak lepas dari namanya HP,dengan demikian pemberlajaran sekarang dibeberapa sekolah sudah banyak yang menggunakan Hp. Guru mau tidak mau harus banyak belajar dalam mengunakan media interaktif dalam pembelajaran.

             Media interaktif adalah metode komunikasi di mana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. Media interaktif yang bekerja dengan pengguna partisipasi. Media masih memiliki tujuan yang sama tapi masukan pengguna menambahkan interaksi dan membawa fitur-fitur menarik untuk sistem untuk kenikmatan yang lebih baik.Berdasarkan penjelasan pada jenis-jenis media pembelajaran, bahwa Seels & Glasgow (dalam Arsyad,2002:33) mengelompokkan media interaktif merupakan kelompok pilihan media teknologi mutakhir.Media teknologi mutakhir sendiri dibedakan menjadi (1) media berbasis telekomunikasi, misalkan teleconference,kuliah jarak jauh, dan (2) media berbasis mikroprosesor, misalkan computer-assistted instruction,permainan komputer, sistem tutor intelejen, interaktif,hypermedia, dan compact (video) disc.

            Walaupun masing-masing dari kita belajar menggunakan ketiga model belajar diatas pada kondisi dan tahapan tertentu, banyak dari kita cenderung menggunakan salah satu diantara ketiganya. Nah, buat kamu yang seringkali kesulitan memahami pelajaran dan bingung bagaimana cara belajar efektif, pembahasan lebih dalam mengenai gaya belajar ini wajib banget kamu baca sampai tuntas!  Berdasarkan pengamatan dari beberapa peneliti,bahwa media e-Learning dapat dibedakan menjadi dua, yaitu media interaktif online dan juga offline. Dimana media e-Learning yang bersifat online dapat diwujudkan dalam berbentuk website/situs. Tentu saja pemanfaatan media online ini memakan biaya yang lumayan besar dan memperlambat jaringan jika menggunakan file media yang sangat besar, tetapi juga memberikan kemudahan untuk menyampaikan, meng-update isi, para siswa juga bisa mengirim email kepada siswa lain, mengirim komentar pada forum diskusi, memakai ruang chat, hingga link video conference untuk berkomunikasi langsung. Sedangkan media e-Learning yang bersifat offline dapat diwujudkan dalam bentuk CD. Keuntungan pemanfaatan media offline, misalnya CD-Multimedia Interaktif adalah (1) mampu menampilkan multimedia dengan file lebih besar, (2) jauh lebih hemat dibanding dengan pemanfaatan media secara online, (3) tingkat interaktivitasnya tinggi karena memiliki lebih banyak pengalaman belajar melalui teks, audio, video, hingga animasi yang dibentuk dengan tayangan gambar yang ditampilkan bersamaan dengan judul dan narasi suara dan juga menampilkan tingkah laku manusia atau pekerjaan yang kompleks.

Karakteristik terpenting kelompok media ini adalah bahwa siswa tidak hanya memperhatikan media ataupun objeknya saja, melainkanjuga di tuntut untuk berinteraksi selama mengikuti pembelajaran.sedikitnya ada tiga macam interaksi. interaksi yang pertama ialah akan menunjukan siswa berinteraksi dengan sebuah program, misalnya siswa diminta mengisi blanko pada bahan belajar terprogram. Bentuk interaksi yang kedua adalah siswa berinteraksi dengan mesin, misalnya mesin pembelajaran , simulator, laboratorium bahasa , komputer ataupun kombinasi diantaranya yang berbentuk video interaktif. Bentuk interaktif yang ketiga adalah mengatur interaksi siswa antara secara teratur tapi tidak terprogram; sebagai siswa dalam kegiatan atau masalah, yang mengharuskan mereka untuk membalas seranganlawan atau kerjasama dengan teman seregu dalam memecahkan masalah. Dalam hal ini siswa harus dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang timbul karena tidak ada batasan yang kaku mengenai jawaban yang benar. Jadi permainan pendidikan dan simulasi yang berorientaskan pada masalah memiliki potensi untuk memberikan pengalaman belajar yang merangsang minat dan realistis. Oleh karena itu, guru menganggapnya sebagai sumber terbaik dalam urusan media komunikas

              Ketika sedang belajar di sekolah maupun di luar sekolah, mungkin diantara kalian ada yang cenderung lebih suka mendengarkan penjelasan guru, melihat tulisan-tulisan di papan tulis, sampai memainkan benda-benda di sekitar kalian.

Menurut Bobby De Porter dalam bukunya yang berjudul Quantum Learning ia mengemukakan bahwa model gaya belajar mencangkup gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Seseorang memiliki gaya belajar yang berbeda dikarenakan tingkat kemampuan yang berbeda dalam menangkap suatu pelajaran atau informasi yang disampaikan oleh orang lain.

Visual

Untuk seseorang yang bergaya belajar visual, gaya belajar ini lebih memfokuskan penglihatan untuk mengerti dan memahami pelajaran ataupun informasi yang disampaikan. Seseorang yang mempunyai gaya belajar visual, cenderung menggunakan gambar-gambar, grafik, diagram, ataupun video untuk membuat otak mereka mampu menangkap pelajaran lebih cepat.

Berikut ciri-ciri orang yang menggunakan gaya belajar visual :

  1. Bicara agak cepat
  2. Lebih mudah mengingat sesuatu dengan melihat dari pada mendengarnya
  3. Sulit untuk menerima instruksi verbal kecuali ditulis. Seringkali meminta orang lain untuk mengulang apa yang diucapkan
  4. Mencatat sesuatu sedetail mungkin
  5. Orang dengan gaya belajar visual tidak mudah terganggu dengan keramaian di sekitarnya
  6. Membuat gambar untuk mempermudah menghafal materi
  7. Cenderung mementingkan penampilan dan pakaian

Nah, untuk kamu yang memiliki gaya belajar visual, berikut tips cara cepat belajar visual :

  1. Belajar menggunakan media ilustrasi; gambar ataupun video
  2. Membaca buku berikut ilustrasinya
  3. Menggunakan metode mindmap untuk memudahkan belajar
  4. Memakai grafik, diagram, tabel, dan berbagai iilustrasi lainnya di buku catatan
  5. Menggunakan alat tulis berwarna untuk menulis catatan
  1. Auditori

Untuk seseorang yang memiliki gaya belajar auditori, mengandalkan pendengaran untuk menerima pelajaran ataupun suatu informasi yang disampaikan. Seseorang yang menggunakan gaya belajar auditori, cenderung belajar lebih cepat dengan diskusi verbal dan mendengarkan penjelasan guru ataupun lawan biacaranya. Oleh sebab itu mereka sulit memahami betul informasi tertulis yang disampaikan.

Berikut ciri-ciri orang yang menggunakan gaya belajar auditori:

  1. Lebih mudah mengingat sesuatu yang didengar dari pada yang dilihat
  2. Senang membaca dengan keras dan mengerakkan bibir ketika berbicara
  3. Mudah terdistraksi oleh keributan atau keramaian
  4. Pembicara yang fasih
  5. Cenderung kesulitan dengan tugas yang melibatkan visual

Berikut tips cara cepat belajar auditori :

  1. Belajar dengan menggunakan musik
  2. Belajar dengan berdiskusi dengan orang lain
  3. Merekam penjelasan guru agar dapat didengarkan lagi nanti
  4. Ketika membaca, bisa sambil diucapkan dengan suara pelan
  5. Buat nada-nada sendiri ketika menghafal
  1. Kinestetik

          Berbeda dengan gaya belajar visual dan auditori yang mengandalkan pancaindera, gaya belajar kinestetik ini lebih mengandalkan gerakan dalam dalam mempelajari sesuatu. Bisa dibilang seseorang dengan gaya belajar kinestetik tidak hanya mempelajari sesuatu dengan membaca saja, namun juga mempraktikkannya. Seseorang dengan gaya belajar seperti ini cenderung sulit berdiam diri lebih dari satu jam ketika mendengarkan penjelasan guru.

Nah, kalau kamu merasa seperti ciri berikut, berarti kamu seseorang dengan gaya belajar kinestetik

  1. Lebih senang belajar dengan metode praktik
  2. Berkomunikasi dengan menggunakan isyarat tubuh
  3. Menggunakan jari sebagai penunjuk membaca
  4. Lebih cepat menghafal sambil berjalan
  5. Cenderung kesulitan dalam menulis, namun pandai dalam bercerita

Tips belajar cepat kinestetik :

  1. Ketika belajar materi baru, segeralah mempraktikkannya
  2. Belajar dengan menggunakan aktivitas; menggerakkan jari, dsb
  3. Belajarlah sambil bereksplorasi dengan lingkungan sekitar
  4. Mengunyah permen karet ketika belajar

Manfaat Multimedia Interaktif

Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan / Khususnya Pembelajaran

  • Proses pembelajaran lebih menarik,
  • lebih interaktif,
  • jumlah waktu mengajar dapat dikurangi,
  • kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta
  • sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

Keunggulan Multibedia

Sedangkan keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran antara lain sebagai berikut :

  • Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
  • Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
  • Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

Media Interaktif Berbasis E-Learning

  • Moodle

          Moodle merupakan salah satu E-Learning berbasis PHP dan MySQL yang paling populer . Mempunyai fitur jadwal pembelajaran, program quiz, presentasi hasil Kerja. Moodle juga ada modul interaksi siswa dengan guru yaitu chatforum, workshop atau survey.

  • Fedena

         Fedena dilengkapi fitur untuk kegiatan pembelajaran sampai manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antar pendidik, tenaga kependidikan, siswa, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan membuat Fedena jadi alternative terbaik untuk membangun e-learning institusi pada satuan pendidikan.

  • Ilmukomputer

         Ilmukomputer adalah e-learning berbasis komunitas yang menyediakan sumber belajar khusus ilmu komputer dalam bahasa Indonesia secara gratis dan mudah.

  • Pesonaedu

         Pesonaedu hadir sebagai e-learning khusus mata pelajaran matematika dan IPA. Kelebihan dari situs ini ialah menyediakan banyak materi yang dilengkapi dengan gambar animasi sehingga lebih mudah dan menarik untuk belajar.

  • Fisikanet

         Fisikanet keluaran LIPI ini adalah e-learning khusus mata pelajaran Fisika. Tersedia materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian yang berhubungan dengan pelajaran fisika.

Media Interaktif Berbasis Web / Situs Online

  • Zenius Education

         Zenius Education adalah situs pembelajaran online yang menyajikan berbagai  macam materi pembelajaran dari tingkat SD sampai SMA. Tersedia lengkap dalam Bahasa Indonesia dan juga gratis.

  • Wikipedia

         Wikipedia adalah salah satu website pendidikan terbesar di dunia yang menyajikan berbagai macam ulasan materi tentang arti kata, penjabaran sains, sejarah, biografi, profil Negara dan lain lain.

  • Kelas Kita

          Kelas kita adalah website penyedia berbagai macam kursus bagi pengunjung. Beragam materi pembelajaran sampai materi pengetahuan umum ada di situs ini.

  • Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah portal sumber belajar lengkap (berbasis bahasa inggris) tentang matematika, statistika, astronomi, seni keterampilan dan lain-lain.

  • Music Theory

Di situs Music Theory menyediakan materi yang berhubungan dengan music yaitu pengenalan music dasar, ritmis, interval, chord, nada diatonis, dan lain-lain.

  • Bing Map & Google Map

Bing Map dan Google Map adalah situs belajar online untuk melihat peta dunia nyata secara langsung.

  • Bing Search & Google Search

Situs yang hampir semua penguna internet mengetahuinya inilah situs pencarian(searching) terpopuler di seluruh dunia.

  • Bing Translator

Bing Translator adalah situs yang dapat diandalkan dalam menerjemahkan berbagai bahasa.

Media Interaktif Berbasis Software

  • Rekentest

Rekentest adalah Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika menggunakan konsep kuis.

  • Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite

Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite adalah Software Kalkulator ilmiah dengan fitur formula yang mudah dan sangat lengkap.

  • Animals for Kids

Animals for Kids adalah Software pendidikan berbasis flash card mengenai ensiklopedia hewan secara lengkap.

  • ChemDigit

ChemDigit  adalah Software kalkulator kimia mengenai perhitungan kimia lengkap.

  • TinyPiano

TinyPiano  adalah Software belajar piano dengan gratis melalui komputer.

  • Celestia Portable

Celestia Portable  adalah Software untuk mempelajari mengenai tatasurya secara detail dengan fitur audio visual.

  • Holy Quran Software

Holy Quran Software adalah Software Al-Quran Digital untuk media pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

  • Anatomy Illustrator

Anatomy Illustrator adalah Software mempelajari mengenai anatomi tubuh manusia lewat ilustrasi gambar yang detail.

  • BoneLab

BoneLab adalah Software untuk mempelajari tentang rangka manusia lengkap dengan gambar dan keterangannya.

  • Smart Draw

Smart Draw adalah Software untuk membuat rangkaian Listrik dengan cara digital.

 

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android

  • Aplikasi Kelas Kita

Aplikasi ini hadir dengan beragam kelas online yang dapat kita diikuti. Setelah kita memutuskan untuk mengikuti sebuah kelas, kita akan mendapatkan materi yang diberikan secara berurutan.

  • Aplikasi RuangGuru

Aplikasi ruangguru memungkinkan kita untuk konsultasi mengenai materi pembelajaran lewat chat maupun video call. Sehingga aplikasi ini dapat dijadikan narasumber dalam pembelajaran.

  • Quipper

Aplikasi android berbayar ini menyediakan kumpulan soal-soal terlengkap. Bisa dijadikan alternative media pembelajaran interaktif latihan soal untuk siswa dan guru akan mengoreksi dan menilai hasilnya.

  • Aplikasi Belajar Online Tryout UN SD

Bank Soal Latihan UN SD versi digital yang dapat dimanfaatkan untuk menguji kemampuan siswa sebelum menghadapi UN.

  • CBT UN SMP

Mirip dengan aplikasi tadi yang dijelaskan, cuma saja aplikasi ini untuk siswa SMP.

  • PLICKERS

         Merupakan sebuah alat penilaian untuk memberikan pengujian secara cepat akan pengetahuan siswa anda melalui soal berbentuk pilihan ganda, pernyataan benar atau salah, poling dan masih banyak lagi. Plickers memungkinkan kita membuat kelas interaktif khususnya dalam memberikan penilaian ke siswa. Untuk menerapkannya di kelas, caranya cukup mudah, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan tidak membutuhkan alat atau gawai, namun hanya perlu kertas atau kartu dengan gambar kode tertentu mirip seperti QR Code kemudian akan digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Guru akan mengecek jawaban dengan gawai yang sudah terinstal Plickers App di dalamnya. Anda bisa menggunakan smartphone atau tablet baik dengan IOS maupun Android.

  • KAHOOT

         Kahoot merupakan salah satu jalan untuk belajar seputar teknologi dengan menyenangkan. Sebenarnya Kahoot adalah sebuah website di internet yang menghadirkan kuis. Kahoot akan dimainkan hanya dengan jalan online. Namun dijamin ketika menggunakannya anda akan merasa senang dan tidak mudah bosan.

Menariknya lagi untuk mengakses Kahoot ini tidak hanya menggunakan PC tetapi juga bisa menggunakan smartphone.

https://hohero.com/2017/01/macam-macam-gaya-belajar/

https://duniapendidikan.co.id/media-interaktif/

https://hiduplebihmudah.wordpress.com/2017/11/01/apa-itu-plickers-dan-bagaimana-menggunakannya/

https://metodepraktis.com/apa-itu-kahoot/

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Link color
Menu color
User color
Background pattern
Background image