Modul PJJ IPA Kelas 7, 8 dan 9

MODUL ini merupakan bahan ajar berseri yang dirancang untuk
Ananda gunakan dalam belajar mandiri. Modul ini akan membantu
dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa
untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri.
Sebagai bahan ajar, unsur­unsur pokok modul ini terdiri atas
(a) tujuan pembelajaran, (b) aktivitas pembelajaran, dan (c)
evaluasi. Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan
kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas pembelajaran
berupa aktivitas­aktivitas yang Ananda akan lakukan agar mem­
per oleh pengalaman­pengalaman belajar yang bermakna dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi ialah proses penentuan
kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pem­
belajaran. Dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberi kan
latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang
Ananda peroleh sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan pada bagian awal modul.

Modul ini menggunakan pendekatan belajar tuntas. Dalam hal
ini Ananda harus mencapai tingkat ketuntasan kompetensi ter­
tentu sebelum Ananda melanjutkan untuk pencapaian kompetensi
selanjutnya pada modul berikutnya.
Belajar mandiri ialah proses belajar aktif yang Ananda akan
lakukan dengan menggunakan modul ini. Dalam belajar aktif
tersebut dibutuhkan dorongan niat atau motif Ananda untuk
menguasai kompetensi yang telah ditetapkan pada bagian awal
modul. Sasaran utama dalam belajar mandiri tersebut ialah Anan­
da dapat memperoleh kompetensi yang telah ditetapkan serta
memperoleh kemandirian dalam belajar.
Aktivitas pembelajaran dalam modul ini berpusat pada diri
Ananda, bukan pada guru maupun materi ajar. Artinya, Ananda
merupakan subjek yang aktif dan bertanggung jawab dalam pem­
belajaran Ananda sendiri sesuai dengan kecepatan belajar Ananda.
Strategi pembelajaran dalam modul ini memfasilitasi pengala­
man belajar bermakna. Selain memperoleh kompetensi utama,
yaitu kompetensi yang ditetapkan pada tujuan pembela jaran,
Anan da juga akan memperoleh pengalaman belajar terkait dengan
pengembangan karakter, literasi, berpikir kritis, kreati vitas, kola­
borasi, dan komunikasi efektif.
Modul ini juga dapat digunakan oleh orang tua Ananda secara
mandiri untuk mendukung aktivitas belajar Ananda di rumah.
Dukungan orang tua sangat diharapkan agar Ananda benar­benar
memiliki kebiasaan belajar yang mandiri dan bertanggungjawab.
Orang tua juga diharapkan menyediakan diri untuk berdiskusi dan
terlibat dalam aktivitas belajar jika Ananda membutuhkannya.

Beberapa Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) khusus Mapel IPA , silakan anda download dibawah ini :

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Link color
Menu color
User color
Background pattern
Background image